Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Ciri Sensor CKPS Mio J Bermasalah

Ciri Sensor CKPS Mio J Bermasalah

Problem
Motor Yamaha Mio J langsung mati saat jalan dan distater terus menerus tidak hidup bahkan diengkol sekalipun juga tidak mau hidup.
Solusi
Dengan Scanner FIDT Yamaha atau universal
Mekanik motor mengecek pake Scanner motor yamaha FIDT ternyata kode 12 muncul ada keterangan "sensor ckps not received". Itu masih 2 kemungkinan bisa sensornya memang rusak atau ada problem koneksi kelistrikan. Setelah dicek seksama ternyata hanya masalah simpel, soketnya kotor, setelah dibersihkan masalah beres. Dan sensor CKPSnya tidak masalah.
Jika Tanpa Scanner injeksi
Adapun trik jika anda tidak punya scanner, anda bisa melihat kode kerusakan MIL untuk motor injeksi yamaha yaitu dengan kode 12 itu. 1 kedipan agak lama (puluhan) dan 2 kedipan cepat (satuan), itulah kode 12 menunjukkan kerusakan CKPSnya yang ternyata bukan sensornya tapi hanya soketnya yang kotor. Selain itu jika CKPSnya bermasalah pengapian dan semprotan bensin juga tidak ada.
Meskipun kasus CKP bisa diselesaikan Tanpa Scanner, tapi untuk meyakinkan pelanggan dan menunjukkan buktinya, pemilik bengkel harus punya scanner injeksi, selalin itu untuk mengangkat pamor bengkel, percepat prosedur kerja dan frame sebuah bengkel injeksi yang fasilitasnya memadai.
soket sensor CKPS kotor
soket sensor CKPSnya yang kotor, jangan terburu eksekusi sensor CKPSnya sebelum dicek seksama

Terima kasih



Dadang Auto Champion