Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Motor Injeksi Yamaha Xeon RC Mogok

Motor Injeksi Yamaha Xeon RC Mogok

Problem
Ada Motor Injeksi Yamaha Xeon RC mogok tidak bisa distart pakai electrik starter. Motor starternya tidak jalan, dan di start pakai kick starter juga tidak mau nyala.


Solusi
Ada beberapa langkah untuk sampai ketemu problem kerusakannya :
  1. Saya cek kondisi akinya, ternyata akinya tidak sampai 12 Volt. Saya coba pinjamkan kondisi aki yang bagus punya satria tetep tidak mau gerak motor staternya. Padahal saya coba cek sistem kelistrikan electrik starter ternyata ga ada masalah.
  2. Saya scann dengan scanner injeksi, tapi sebelum discann lampu MIL memang tidak menunjukan adanya kerusakan, dan ternyata benar setelah di scan sistem injectionnya tidak masalah.
  3. Semua actuator dicek ternyata tidak ada masalah ( yang termasuk actuator adalah injektor, ignition (sistem pengapian) dan ISC jika ada)
  4. Cek switch remnya ternyata tidak ada masalah juga.
  5. Analisa berikutnya, …….Kemudian saya berpikir, masak iya Yamaha Xeon RC pakai switch standar samping?. Biasanya pada matik Yamaha tidak menggunakan switch standar samping untuk mematikan mesin secara otomatis, seperti generesi Mio, Mio J sampai Soul GT. Tapi apa salahnya saya cek, ehhh ternyata bener Yamaha XEON RC pake switch standar samping. Lansung saja saya cek switchnya dan ternyata benar tombol switchnya tidak mau kembali ke posisinya pada saat standar samping dinaikkan (model switchnya mirip dgn switch rem pd mobil). Setelah dibersihkan dan bisa bekerja seperti semula, saya coba pakai kick starter dan ternyata businya ada nyala apinya. Kemudian busi saya pasang dan saya coba hidupkan pakai electrick starter langsung jrengggg. Ternyata masalahnya sepele ya, tapi itulah seninya trouble shooting jadi pengalaman anda juga kan?
yamaha xeon mogok




Referensi :
Kasus Wahyu Motor Sidoarjo Jawa Timur yang masuk ke redaksi Auto Champion


Terima kasih



Dadang Auto Champion