Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Kawasaki Ninja 250 FI Suara Kretek-Kretek, Ganti Metal Jalan!

Kawasaki Ninja 250 FI Suara Kretek-Kretek, Ganti Metal Jalan!

Metal jalan ninja 250 FI

Problem
Motor Injeksi/injection Kawasaki Ninja 250 FI terdengar suara tidak normal. Orang yang paham mesin tidak akan berani langsung make aja tanpa diperbaiki dulu. Bukannya apa apa, suaranya sudah terlampau parah, sekitar RPM 4000 suaranya kemlotak (red-bahasa Jawa) atau kalo saya rasakan sendiri kurang lebih sebelum RPM 4000 pun sudah bunyi. Gambaranya suaranya kretek kretek berat dan getaran terasa. Sejak awal sempat dicurigai metal jalannya, tapi sempat juga ada kecurigaan pada rantai mesinya/ kamrat/ silent chainya.
Solusi
Mencari problem suara mesin sepeda motor tidak normal pada mesin Kawasaki Ninja 250 FI atau mesin lainya tidak marem/puas kalau tidak dibongkar. Selain suaranya sudah parah, getarannya juga terasa, sehingga tidak tuntas jika tidak dibongkar semuanya. Ya overhaul/turun mesin total agar bisa lebih detail memeriksa sumber suara.

Setelah dibongkar ternyata memang betul suara mesinya disebabkan oleh Metal jalanya salah satunya, yang lain kebetulan belum diperiksa semua, seperti apa metal jalan?, nanti lihat saja gambar-gambar pendukung. Intinya pada motor Kawasaki Ninja 250 FI (Fuel Injection) ada 2 metal, yaitu metal jalan dan metal duduk. Metal jalan yaitu mental yang big end (ujung besarnya stang seker) atau stang seker bawah yang terikat di kruk as, itu ada metalnya (dudukan untuk poros kruk as yang terikat dengan stang seker), namanya metal jalan, karena memang metal/dudukan tersebut jalan terus . Adapun metal duduk adalah metal yang tidak bergerak, alias duduk saja, itu sebagai bantalan as kruk as.

Metal jalan kawasaki ninja 250 FI

stang seker ninja 250 FI
lokasi metal jalan di ujung stang seker bagian bawah yang lubang gede.

kruk as ninja 250 FI
anehnya yang rusak hanya 1 bagian stang seker, padahal kan stang sekernya 2.


Sekalian saat bongkar mesin/turun mesin atau overhaul, cek pula ada part/ komponen penyebab sumber suara atau ada yang sudah perlu diganti seperti rantai mesin/ keteng/ kamrat atau silent chain dan lainya sekalian diperiksa, ada yang perlu diganti atau tidak.
Makin penasaran?, ikuti artikel-artikel berikutnya di www.auto-champion.com


Terima kasih



Dadang Auto Champion