Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Seputar Suspensi Upside Down

Seputar Suspensi Upside Down

Detail suspensi upside down
detail sokbeker upside down
sumber gambar https://www.showa1.com/en/product/motorcycle/detail_shock_absorber_f_sff.html width=740&height=530
Sudah banyak Motor yang mengaplikasikan suspensi atau sokbeker Upside Down, seperti motor All New Honda CBR250RR. Upside down dengan namanya Separate Function Front Fork (SFF). Dari hasil bedah teknologi nampak tidak biasa karena pada suspensi ato sokbreker tersebut tabung kanan dan kiri isinya beda. Yaitu di sebelah kiri isinya Damper comp tugasnya sebagai rebound atau menahan saat suspensi berbalik ke posisi semula. Adapun yang sebelah kanan befungsi sebagai compression atau menahan saat mendapatkan kerja atau tertekan ke atas dari roda. Unik bukan?, itulah suspensi upside down yang bukan suspensi biasa.
Menambah keunikan juga, hati-hati saat mengisi oli suspensi atau sok beker upside down, karena kanan dan kiri ukuran pengisian volume oli berbeda. Untuk takaran oli sebelah kanan lebih banyak yaitu 368mm kurang dan lebihnya 2,5mm. Adapun fork sebelah kiri lebih sedikit hanya 320 mm kurang lebihinya juga 2,5mm, pastikan oli standar honda karena ini standar pengisian volume suspensi atau sok beker untuk motor All Bew Honda CBR250RR.
Lebih jelasnya lihat galeri dibawah ini biar lebih jelas.
upside down kiri
suspensi upside down kiri

sokbeker upside down kanan
Suspensi upside down kanan

baut hanya ada di upside down kiri, bagian yang fungsinya damper
Baut bawah hanya di suspensi kiri, yang kanan buntu
Referensi :
1. Otomotif edisi 31 : XXVI 22-28 Desember 2016.rubrikknowledge
2.https//www.showa1.com/en/product/motorcycle/detail_shock_absorber_f_sff.html?width=740&height=530. (gambar)

Terima kasih

Dadang Auto Champion