Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Kegiatan pensiun tetap produktif



Kegiatan pensiun tetap produktif

            Usia pensiun memang bukan usia produktif lagi bagi sebagian orang yang sepakat, tapi saya tidak sepakat. Jangan salah, justru sebagian pensiunan menemukan jati diri dan hal baru di usia pensiun. Seperti rencana bisnis sendiri, aktif di kegiatan sosial. Pemberian beasiswa belajar ilmu terapan dan segudang acara positif yang bermanfaat seperti pengajian dan lain sebagainya.
pensiun dan produktif

            Jadi stop mendeskreditkan orang pensiun sebagai orang tidak produktif. Justru saya setuju bahwa orang pensiun adalah orang yang kaya pengalaman hidup dan mampu berbagi ilmu dan membuat hal besar bagi dirinya dan bagi anak cucunya ataupun generasi mendatang. Sebut saja Ir H kirlan (pensiunan pertamina) yang membuka bengkel setelah belajar di Auto Champion Training Centre, Pak Harno (pensiunan Petrosia/perusahaan terkait tambang) yang belajar di Auto Champion sambil rencanakan buka bengkel motor dan Pak Sis (pensiunan PT swasta) yang belajar bengkel untuk terjun di usaha bengkel motornya sendiri.
            Belum lama ini Auto Champion juga menerima tamu bapak Sembiring, pensiunan instruktur BLK Jogja yang menyempatkan mampir di Auto Champion untuk konsultasi. Beliau ingin menghidupkan lembaga pendidikan yang sudah beliau rintis untuk kembali fokus melayani masyarakat dengan lembaga pendidikan mekanik motor di rumahnya. Ternyata beliau walaupun pensiun tetap ingin sharing ilmunya. Lumayan justru dari dialog tersebut saya juga bisa menyerap pengalaman selama beliau dinas. Jadi sekali lagi saya sendiri tidak sepakat jika orang pensiun tidak bisa produktif lagi. Bagaimana dengan anda?

Terima kasih

Dadang Auto Champion