KURSUS MEKANIK MOTOR BERPRESTASI

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum

Selamat datang di situs resmi Auto Champion. Data statistik transportasi banyak menunjukkan pertumbuhan sepeda motor yang meningkat tajam dari tahun ke tahun dan ini dipersaksikan kita semua. Sehingga hal tersebut mempengaruhi perkembangan bisnis pelayanan after sales sepeda motor, diantaranya servis motor, perawatan mesin, kelistrikan, chasis, penjualan spare part, modifikasi motor, asesoris dan lain lain. Kesempatan ini jangan dibiarkan begitu saja, jangan sampai kehilangan momentum memanfaatkan peluang tersebut, atau relakan saja diambil orang lain.

Fenomena tersebut menjadikan kebutuhan akan mekanik yang berkualitas menjadi faktor penting dalam perputaran bisnis sepeda motor. Termasuk perkara asas dan lebih penting lagi adalah memilih tempat pendidikan kursus mekanik sepeda motor yang berkualitas. Perlu diketahui, kualitas Lembaga kursus bisa dilihat dari pernah berprestasi atau belum lembaga tersebut, karena prestasi indikator yang paling jelas dilihat. sehingga praktis, mau tidak mau konsumen dihadapkan 2 pilihan, lembaga berprestasi, atau non prestasi, adapun Auto Champion memastikan diri sebagai lembaga yang punya prestasi, dan siap berkompetensi di level manapun, sehingga jaminan terhadap kualitas kursus mekanik lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa informasi kursus bengkel sepeda motor di Auto Champion Training Center (Google Map/Arah dipandu Google Map) yang sudah berprestasi di Yogyakarta (red- Jogja Istimewa) dan di level Nasional :

"UNGGUL DENGAN FASILITAS TEKNOLOGI TINGGI (HITECH) DIANTARANYA SCANNER INJEKSI MOTOR ALL BRAND (SCANNTOOL MENDUNIA)" (KLIK SINI)

Bonus Full Tip dan Trik Mekanik Motor Terapan, dan artikel keren (klik sini)

  1. Testimoni (komentar) tentang kursus
  2. Brosur kursus mekanik motor klik disini
  3. Brosur Pelatihan Scanner Moge, Scann Bisa All Brand (Semua Merek)
  4. Info detail (lama belajar) & kos/ bea di Jogja
  5. Objek Training
  6. Buku Kita (terapan dan praktis plus dvd overhaul (turun mesin Honda Tiger 2000 dan overhaul Supra 125 modif kopling), overhaul Mio J harga promo dan mudah dipesan)
  7. Mekanik Motor Injeksi (kelas baru)
  8. Transportasi menuju Jogja atau (Otomatis dipandu Google Map)
  9. Foto bengkel alumni
  10. Bursa Kerja Auto Champion
  11. Alat bengkel terbaru injeksi motor Honda dan Motor yamaha
  12. Mendukung konsumen (pemilih kursus) cerdas di indonesia

Prestasi dan track record Auto Champion Training Centre :

  1. Sistem belajar jarak jauh bagi yang sibuk atau belum bisa datang langsung.
  2. Unggul dengan scanner injeksi Hitech (brand Mendunia) dan Update Teknologi.
  3. Nara sumber di lembaga kapal pesiar LP2K Sun Marino Indonesia, Materi "Kewirausahaan Tentang Mekanik Motor" 19 Maret 2016
  4. Juara Lomba instruktur otomotif dalam rangka Jambore PTK PNF Tingkat Daerah istimewa Yogyakarta tahun 2014
  5. Nara Sumber untuk Upgrade skill Mekanik motor untuk 60 UKM Bengkel Sepeda motor di dinas koprasi bidang UKM, Kediri Jawa Timur2013.
  6. Juara I lomba inovasi bisnis Balai Pemuda dan Olahraga DIY 2009
  7. Lolos Business Start Up Awards (BSA) 2010 seleksi tahap pertama Shell liveWIRE Indonesia
  8. Terpilih 10 besar tingkat Nasional dalam Lomba Inovasi Bisnis Pemuda tahun 2010 penyelenggara Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia
  9. Penyelenggara program Kursus Kewirausahaan Kota dari Dinas Pendidikan Sleman 2010
  10. Penyelenggara program Kursus Kewirausahaan Kota dari Dinas Pendidikan Sleman 2009.
  11. Penyelenggara Program Dukungan Lembaga dari Dinas Pendidikan Sleman 2007
  12. Pelatihan mekanik untuk penyandang cacat/ difable.
  13. Tester mekanik untuk kebutuhan bengkel
  14. Pencetak pengusaha bengkel dan mekanik sepeda motor
  15. Lembaga sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional PNF
  16. Nara sumber rubrik otomotif Koran Harjo (Harian Jogja) hanya 1x tayang.
  17. Semua Pengajar/instruktur bertitel S1 pendidikan teknik mesin, memiliki sertifikan mengajar yang resmi, dan berpengalaman serta terfokus pada ilmu terapan mekanik sepeda motor dan juga memahami arah pembelajaran.
  18. Memberikan jaminan perlindungan konsumen(klik sini).

Kami berharap saudara sukses bersama kami dengan program yang cepat, praktis dan terarah sehingga setiap langkah memiliki asas manfaat dan nilai yang tinggi. Sudah saatnya kita membuat perubahan besar dalam diri kita dan tidak lagi memboroskan uang, waktu, dan pikiran kita hanya untuk sebuah omong kosong dan kesia-siaan. jadikan hidup kita lebih bermakna dengan berkarya!

Pastikan gabung AUTO CHAMPION dan jadilah yang tebaik di bidangnya!

Gerakan Nasional Menuju Indonesia Mandiri dengan Skill Mekanik Motor! jangan mau dijajah!.

Terakhir, Semoga upaya ini termasuk Penyebaran ilmu yang semoga bermanfaat dimanapun kita berada!.

wassalamualaikum

Official dan direktur auto champion

( Dadang )

25 September 2014

Franchise bengkel motor ada yang komplain



Franchise bengkel motor ada yang komplain

            Perkembangan otomotif roda 2 yang cenderung naik diiringi pula dengan berlomba-lombanya pabrikan merealese motor andalanya. Hal ini memacu banyak orang ingin buka bengkel motor, karena kenyataan memang sebagai peluang bisnis bagi yang bisa mengambilnya. Selain itu, banyak yang menawarkan franchise bengkel motor dengan segala kemudahanya. Layaknya bisnis ada yang sukses dan ada yang tidak sukses, walaupun itu sudah berbasis franchise. Untuk mengimbangi informasi tentang franchise bengkel motor yang sepertinya menjanjikan, perlu juga kita paparkan yang gagalnya juga sebagai bahan pelajaran.

Silakan simak, mengalir dari pembeli franchisenya langsung………….
Untuk memudahkan kita tonjolkan point paragrafnya karena penulisanya belum tertata tapi gak papa itu asllinya.

Pokok pikiran paragraph 1
Dalam hal penyediaan SDM masih dalam taraf Low Quality dan tidak layak untuk dipekerjakan.
Pada awalnya yang bikin saya tertarik dengan investasi bengkel franchise ini adalah, awalnya pihak franchise terlihat konsisten dalam menawarkan kelebihan franchise ini dibanding dengan bengkel lain, dengan menerapkan sistem konsep butik fashion modifikasi dan air brush. Namun dalam kenyataan, pihak franchise tidak menyediakan mekanik yang memadai dalam hal modifikasi. Malah menyediakan mekanik yang masih tergolong newbie. Dan dalam beberapa kasus motor tidak bisa ditangani karena keterbatasan ilmu, servis motor malah tambah rusak, motor mogok kebingungan dan bingung masang sparepart racing karena gak ada pengalaman modifikasi. Pihak franchise membelanjakan alat las, tachometer dan segala macam alat high tech untuk menunjang operasional. Dalam kenyataan mekanik tidak ngerti pake alat las, tidak ada ilmu tentang alat tachometer, dalam beberapa kasus konsumen sendiri menyatakan mekanik seperti gini tidak layak dipekerjakan. Kepercayaan konsumen menjadi berkurang, menyebabkan pelanggan cap bengkel buruk sehingga menjadi kerugian operasional bengkel, dari segi seperti merugi mengganti part motor yang dirusak mekanik juga sering terjadi. Dan yang paling parah motor yang mau saya jadikan mascot untuk bengkel dikerjakan 3 bulan tidak kelar-kelar, itupun harus dikerjakan di bengkel pihak franchise dan dengan mekanik pihak franchise yang sudah pro. Berarti mekanik yang diperkerjakan untuk franchisor itu memang tergolong newbie tidak pro. Tidak bisa dibayangkan bagaimana jadinya kalo yang ditangani itu motor konsumen 3 bulan tidak kelar-kelar, trus untuk modifikasi masa harus ke bengkel franchise dulu, jujur saya sendiri dengan mekanik saya sendiri tidak yakin. Bagaimana klo itu penilaian konsumen sendiri yang pengalaman servis di cabang bengkel X, itupun saya juga sudah tahu jawabanya. Inti dari poin pertama adalah dalam hal penyediaan SDM masih dalam taraf Low Quality dan tidak layak untuk dipekerjakan.

Pokok pikiran paragraph 2
Sistem yang diterapkan francise masih berantakan dan tidak transparan internal maupun external.
Kedua, saya yakin dengan bengkel ini adalah ditunjukkan sistem cara menjalankan bengkel yang lebih unggul dibanding bengkel-bengkel lain. Dan hitungan BEP dimana hitungan BEP yang untuk diterapkan setahun di bengkel, SDM akan digaji segini dan uang makan akan dikasih segitu, namun dalam kenyataan dari awal tidak ada kesepakan antara pihak franchise dan mekanik yang akan dipekerjakan akan digaji sesuai BEP. Akhirnya dalam beberapa kasus mekanik komplain akan gaji, uang makan dan tempat yang dipekerjakanya, berujung mekanik tidak betah dan kekurangan mekanik. Yang perlu diketahui pihak franchise sendiri kekurangan mekanik, dan kabar dari franchisor-franchisor lain juga mengalami masalah yang sama. Meskipun hal ini coba dirahasikan pihak franchise ke franchise lain, namun hal ini bocor dari mekanik-mekanik pihak franchise itu sendiri. Hal ini menyebabkan terganggunya operasional dan kerugian operasional kepada franchisor, sedangkan tersisa 2 mekanik pro pihak franchise yang masih loyal, itu karena digaji tinggi.  Namun bagaimana dengan franchisor lain yang belum pengalaman menjalankan sesuai BEP namun ditinggalkan mekanik begitu saja. Akhirnya untuk kasus saya sendiri dan untuk kelangsungan bengkel, saya tidak mau perpanjang untuk masalah BEP yang diterapkan dan tidak ada gunanya juga memperpanjang masalah BEP, karena saya sudah terlanjur membeli franchise. Keinginan saya hanya meminta pertanggung jawab pihak franchise untuk menyediakan mekanik pengganti mekanik saya yang minggat. Namun saya ingin yang sudah senior kurang lebih seperti mekanik punya pihak franchise yang walaupun meminta gaji tinggi tidak jadi masalah, asalkan konsisten kemajuan bengkel ke depannya, karena saya tahu jika kualitas mekanik yang diperkerjakan masih newbie seperti itu, maka akan susah bengkel untuk berkembang. Pihak franchise menjanjikan itu, namun janji itulah cuma janji, mekanik yang disediakan tidak lebih baik dengan sebelumnya, asal ada aja. Malah dalam beberapa hal masih perlu diajarkan seperti cara memasang ban yang benar, strategi penawaran barang sebagai mekanik. Inti dari poin kedua adalah sistem yang diterapkan francise masih berantakan dan tidka transparan internal maupun external.

Langsung ke intinya
Ketiga, selain dalam SDM, sistem franchise dalam hal barang sering terkendala dalam menyuplai barang, klo tidak pintar-pintar mencari supplier sendiri maka untuk menunggu barang yang diminta akan lama. Baru bisa dapat karena di pihak franchise mendistribusikan barangnya saat ada permintaan baru order karena ketersediaan stok barang pihak franchise hanya untuk kebutuhan bengkel sendiri saja.

Langung ke intinya
Keempat, bengkel saya sekarang tidak ada mekanik yang menunjang bengkel tiap hari, kadang buka, kadang tutup. Sekarang saya lagi berusaha mencari mekanik sendiri, sistem berantakan pihak franchise sendiri seakan sudah mendapatkan untung fee di muka, perkembangan bengkel sudah tidak dihiraukan lagi dan lepas tangan lebih fokus mencari investor baru.

Semoga pihak franchise X bisa memperbaiki SDM dan sistem atau artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan investor yang ingin membeli franchise X supaya tidak ada lagi calon investor yang menalami hal yang merugikan sama seperti saya.

Sekian terima kasih.

Demikian testimoni dari salah satu pembeli franchise bengkel, diedit titik dan koma dan sedikit diselaraskan karena versi tulisan awalnya kurang tertata. Semoga informasi di atas bisa menjadi perlindungan konsumen dan menjadi referensi bagi konsumen akan info yang berimbang.

Referensi :
Detail by request ke amanahilmiah@yahoo.co.id


Terima kasih

Dadang Auto Champion