Modifikasi Motor Error
Modifikasi Motor Error
Kaidah modifikasi motor akan salah
kaprah apabila berefek menjadikan fungsional system atau komponen motor menjadi
berkurang kinerjanya. Sebut saja Fulan
(disembunyikan karena kode etik), inginya memodifikasi rem cakram agar gaul,
dengan konsep racing dalam tanda petik, dengan cara menukar selang rem
standarnya, kemudian membuatkan adaptor untuk aplikasinya tersebut. Kebetulan motornya
Suzuki Satria FU dan itu dilakukan pada rem cakram depan.
Penting untuk diperhatikan rem depan
setidaknya dalam fungsi gaya pengeremanya 70% adapun rem belakang sisanya 30%. Ini
karena saat kita melakukan pengereman semua beban mayoritas tertumpu pada
bagian depan, makanya rata-rata rem cakram biasanya di depan. Bukanya dibalik
rem tromol di depan dan rem cakramnya dibelakang.
Gambar yang dilingkari merah bagian yang bocor
Lihat saja dengan produk yang
dibilangnya produk racing, ternyata justru mengalami kebocoran pada bagian
selang bawah. Karena bawaan produk racing dalam tanda petik, ring perapatnya
ternyata kurang rapat. Dan dari bahanya sepertinya tidak terbuat dari kuningan
(bahan yang biasa digunakan untuk perapat), tapi tidak tahu dari bahan apa
seperti krum-kruman.
Akhirnya berefek membahayakan,
untungnya kebocoranya cepat ketahuan, padahal motor tersebut digunakan untuk
berjalan di sekitar perbukitan dan rawan kecelakaan. Jika tidak ketahuan bahaya,
dan bisa mengancam nyawa karena memungkinkan kehilangan sekitar 70%
pengeremanya karena yang error bagian rem cakram depanya. Langsung saya suruh semua ganti standarnya. Slamet slamet.
Saran
saya hati-hati dengan aplikasi produk non pabrikan yang belum teruji
kualitasnya, apalagi belum ada standarisasi dari pihak yang berwenang.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion