KURSUS MEKANIK MOTOR BERPRESTASI

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum

Selamat datang di situs resmi Auto Champion. Data statistik transportasi banyak menunjukkan pertumbuhan sepeda motor yang meningkat tajam dari tahun ke tahun dan ini dipersaksikan kita semua. Sehingga hal tersebut mempengaruhi perkembangan bisnis pelayanan after sales sepeda motor, diantaranya servis motor, perawatan mesin, kelistrikan, chasis, penjualan spare part, modifikasi motor, asesoris dan lain lain. Kesempatan ini jangan dibiarkan begitu saja, jangan sampai kehilangan momentum memanfaatkan peluang tersebut, atau relakan saja diambil orang lain.

Fenomena tersebut menjadikan kebutuhan akan mekanik yang berkualitas menjadi faktor penting dalam perputaran bisnis sepeda motor. Termasuk perkara asas dan lebih penting lagi adalah memilih tempat pendidikan kursus mekanik sepeda motor yang berkualitas. Perlu diketahui, kualitas Lembaga kursus bisa dilihat dari pernah berprestasi atau belum lembaga tersebut, karena prestasi indikator yang paling jelas dilihat. sehingga praktis, mau tidak mau konsumen dihadapkan 2 pilihan, lembaga berprestasi, atau non prestasi, adapun Auto Champion memastikan diri sebagai lembaga yang punya prestasi, dan siap berkompetensi di level manapun, sehingga jaminan terhadap kualitas kursus mekanik lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa informasi kursus bengkel sepeda motor di Auto Champion Training Center (Google Map/Arah dipandu Google Map) yang sudah berprestasi di Yogyakarta (red- Jogja Istimewa) dan di level Nasional :

"UNGGUL DENGAN FASILITAS TEKNOLOGI TINGGI (HITECH) DIANTARANYA SCANNER INJEKSI MOTOR ALL BRAND (SCANNTOOL MENDUNIA)" (KLIK SINI)

Bonus Full Tip dan Trik Mekanik Motor Terapan, dan artikel keren (klik sini)

  1. Testimoni (komentar) tentang kursus
  2. Brosur kursus mekanik motor klik disini
  3. Brosur Pelatihan Scanner Moge, Scann Bisa All Brand (Semua Merek)
  4. Info detail (lama belajar) & kos/ bea di Jogja
  5. Objek Training
  6. Buku Kita (terapan dan praktis plus dvd overhaul (turun mesin Honda Tiger 2000 dan overhaul Supra 125 modif kopling), overhaul Mio J harga promo dan mudah dipesan)
  7. Mekanik Motor Injeksi (kelas baru)
  8. Transportasi menuju Jogja atau (Otomatis dipandu Google Map)
  9. Foto bengkel alumni
  10. Bursa Kerja Auto Champion
  11. Alat bengkel terbaru injeksi motor Honda dan Motor yamaha
  12. Mendukung konsumen (pemilih kursus) cerdas di indonesia

Prestasi dan track record Auto Champion Training Centre :

  1. Sistem belajar jarak jauh bagi yang sibuk atau belum bisa datang langsung.
  2. Unggul dengan scanner injeksi Hitech (brand Mendunia) dan Update Teknologi.
  3. Nara sumber di lembaga kapal pesiar LP2K Sun Marino Indonesia, Materi "Kewirausahaan Tentang Mekanik Motor" 19 Maret 2016
  4. Juara Lomba instruktur otomotif dalam rangka Jambore PTK PNF Tingkat Daerah istimewa Yogyakarta tahun 2014
  5. Nara Sumber untuk Upgrade skill Mekanik motor untuk 60 UKM Bengkel Sepeda motor di dinas koprasi bidang UKM, Kediri Jawa Timur2013.
  6. Juara I lomba inovasi bisnis Balai Pemuda dan Olahraga DIY 2009
  7. Lolos Business Start Up Awards (BSA) 2010 seleksi tahap pertama Shell liveWIRE Indonesia
  8. Terpilih 10 besar tingkat Nasional dalam Lomba Inovasi Bisnis Pemuda tahun 2010 penyelenggara Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia
  9. Penyelenggara program Kursus Kewirausahaan Kota dari Dinas Pendidikan Sleman 2010
  10. Penyelenggara program Kursus Kewirausahaan Kota dari Dinas Pendidikan Sleman 2009.
  11. Penyelenggara Program Dukungan Lembaga dari Dinas Pendidikan Sleman 2007
  12. Pelatihan mekanik untuk penyandang cacat/ difable.
  13. Tester mekanik untuk kebutuhan bengkel
  14. Pencetak pengusaha bengkel dan mekanik sepeda motor
  15. Lembaga sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional PNF
  16. Nara sumber rubrik otomotif Koran Harjo (Harian Jogja) hanya 1x tayang.
  17. Semua Pengajar/instruktur bertitel S1 pendidikan teknik mesin, memiliki sertifikan mengajar yang resmi, dan berpengalaman serta terfokus pada ilmu terapan mekanik sepeda motor dan juga memahami arah pembelajaran.
  18. Memberikan jaminan perlindungan konsumen(klik sini).

Kami berharap saudara sukses bersama kami dengan program yang cepat, praktis dan terarah sehingga setiap langkah memiliki asas manfaat dan nilai yang tinggi. Sudah saatnya kita membuat perubahan besar dalam diri kita dan tidak lagi memboroskan uang, waktu, dan pikiran kita hanya untuk sebuah omong kosong dan kesia-siaan. jadikan hidup kita lebih bermakna dengan berkarya!

Pastikan gabung AUTO CHAMPION dan jadilah yang tebaik di bidangnya!

Gerakan Nasional Menuju Indonesia Mandiri dengan Skill Mekanik Motor! jangan mau dijajah!.

Terakhir, Semoga upaya ini termasuk Penyebaran ilmu yang semoga bermanfaat dimanapun kita berada!.

wassalamualaikum

Official dan direktur auto champion

( Dadang )

12 September 2013

komponen-komponen sistem injeksi motor


Komponen komponen sistem injeksi motor

Agar lebih metodis dalam belajar hendaknya mengetahui nama komponen, fungsi dan cara kerja komponen sistem injeksi. Pendekatan berikut ini setidaknya bisa membantu melekatkan di memori kita tentang komponen komponen yang ada pada sistem injeksi motor, agar lebih familiar dengan teknologi sistem injeksi, diantara komponen sistem injeksi tersebut adalah :
ECU/ECM electronic control module

ECM : Elektronic Control Module
Menerima sinyal dari berbagai sensor, sensor bekerja di berbagai keadaan operasional mesin, lalu ECM mengolah data dan membandingkan dengan parameter yang telah ada, kemudian memerintahkan actuator (output) untuk menlayani kebutuhan mesin.
map, bank angle sensor, engine oil sensor

Intake Air Teperature Sensor(IAT)
Mendeteksi suhu udara yang masuk ke intake manifold
Berpengaruh terhadap
Air Fuel Ratio Correction (campuran udara dan bahan bakar, dengan kata lain volume bahan bakar yang disemprotkan injector ke intake manifold dipengaruhi oleh suhu udara yang masuk ke intake manifold.
Throttle position sensor (TP)
Mendeteksi derajat pembukaan throttle valve (skep gas) yang akan berpengaruh terhadap :
1. Air fuel Rasio correction
2. Declerasi dan accelerasi
3. Beban maksimum (fuel load)

Manifold absolute pressure(MAP)
Mendeteksi kevakuman yang terjadi di intake manifold.

Bank Angle sensor(BAS)
Untuk mematikan mesin pada sistem motor injeksi, sewaktu sepeda motor mengalami kemiringan berlebihan (saat jatuh) bank angle sensor mendeteksi sudut kemiringan sepeda motor. Jika kemiringan sepeda motor lebih dari 55±5°, ECM menghentikan daya listrik ke fuel fump dan engine electrikal system.
Catatan. Kematian mesin terjadi jika kemiringan tersebut terjadi sekitar 5 detik.

Engine oil temperature
Mendeteksi panas oli di dalam mesin.

injector
Injector
Nozzle electromagnetic yang dikontrol oleh ECM, Injektor berfungsi menginjeksikan atau menyemprotkan bahan bakar ke intake manifold untuk kebutuhan pembakaran. 
pompa bensin, pompa injeksi

Pompa Bensin
Memompa dan megalirkan bahan bakar dari tangki ke injektor. tekananya diatur sekitar 294kPa.


skema sistem injeksi
 Skema input output dari ECM
 
Komponen-komponen tersebut saling mendukung seperti yang digambarkan diatas terdiri dari input dan output dari ECM (Electronic Controle Module)

Referensi :

Jurus Cepat Jago Sepeda Motor Injeksi, Tim toko otomotif, TT
Panduan penjualan Supra X 125 PGM-FI

Terima kasih

Dadang Auto champion